Laboratorium Multimedia


Multimedia Spot
            Keberadaan laboratorium multimedia disekolah memang sangat penting, apalagi dengan adanya berbagai topic mata bahasan yang tentu saja tidak dapat dipaparkan kepada murid secara mudah begitu saja, namun dapat disajikan dengan teknologi multimedia secara khusus. Apalagi keberadaan lab multimedia di sekolah-sekolah berekstensi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) seperti SMA Negeri 11 Garut memang wajib untuk dipenuhi.
Seperti apakah lab multimedia itu?

(Sumber: Penulis)
Labaratorium multimedia adalah tempat praktikum yang mampu memfasilitasi beberapa aktifitas praktikum sekolah yang berhubungan dengan TIK dan IPTEK. Atau secara teknis, Laboratorium Multimedia dapat digambarkan sebagai ruangan yang berisi seperangkat computer disertai dengan beberapa perangkat pelengkap seperti audio visual yang saling terintergrasi, dan dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang disesuaikan dengan memberikan layanan tambahan terhadap laboratorium konvensional.
Laboratorium multimedia SMA Negeri 11 garut dilengkapi dengan AC yang cukup sehingga suhu udara didalam ruangan tetap stabil dan steril sehingga membuat nyaman bagi siapa saja penggunanya. Selain itu pula, Laboratorium Multimedia di SMA Negeri 11 Garut juga dipakai oleh para guru untuk workshop dan berbagai pelatihan. Alasan yang mengemukakan bahwa pentingnya laboratorium Multimedia di sekolah adalah bahwa hampir seluruh fungsional laboratorium konvensional lainnya seperti Lab. Bahasa, Lab IPA, dan Lab Komputer, dapat diperkaya oleh fungsional Laboratorium Multimedia. Hal tersebut dapat terjadi karena karakteristik teknologi multimedia yang mampu mengolah data teks, gambar, gambar bergerak atau video, serta suara kedalam suatu aplikasi, sehingga berbagai topik bahasan mata pelajaran dapat dengan mudah dipaparkan secara konprehensif dengan menggunakan aplikasi Multimedia.
Secara keseluruhan, fungsi utama dari laboratorium Multimedia adalah:
1.       Interaksi antara Guru dan Murid.
2.      Latihan mata pelajaran interaktif secara online.
3.      Menyediakan ensiklopedia digital
4.     Operasionalitas eBook
5.      Simulasi kasus berbasis Multimedia
6.     Penayangan video pembelajaran.
Dan itulah, deskripsi mengenai Laboratorium Multimedia di SMA Negeri 11 Garut serta bagaimana gambaran bahwa pentingnya keberadaan laboratorium di sekolah.


0 komentar:

Posting Komentar